Monday, April 13, 2020

Masa #DiRumahSaja Tetap Nikmati Teh Biru Bunga Telang

Selamat sehat semuanya. Mengikuti anjuran pemerintah untuk WHF di rumah saja, maka kegiatan ngewarung pun kami hentikan. Tetamu kami mintakan untuk kembali menikmati kopi dan teh di Kopi Oemah nanti setelah situasinya lebih baik. Penjualan produk untuk dibawa pulang ready tetap kami layani. 

Bunga telang tetap berbunga setiap pagi. Apalagi musim pancaroba begini, dimana hujan masih turun sesekali di sore hari di awal April dan matahari bersinar terik di siang hari. Panen bunga telang tetap kami lakukan. Pemupukan juga. Pembelian melalui olshop dan online masih bisa kami layani.

Sehat selamat semuanya.


Saturday, February 29, 2020

Petani Telang Prambanan Mandiri Menghidupi

Lah kok pagi ini ya kebeneran banget. Saya biasanya masak nanti siang, ini kok dari pasar langsung bikin sayur. Kebetulan ada nangka dari kebun katanya. Saat kami ngobrol, si Mbah Putri asik di dapur. Kami minta ijin pamit eh gak dibolehin. Ternyata dia menyiapkan makan wahhh gak ditolak Mbah. Jajanan jenang garut dan pisang, tidak dianggap sarapan. Kurang marem kalau belum disuguhin nasi,

Menu sarapan agak berat nih. Gakpapa juga sih karena sudah menjelang siang juga. Telur ceplok yg dioseng dengan ulekan sambal cabe merah. Pete bulet-bulet menyertai sambal balado telur. Dah you make my day Mbah dengan menu andalan ini.

Teh birunya gak pakai gula khan, si Mbah sudah hapal banget kebiasaan kita. Gak pakai gula, khan kita sudah manis hehe.


Sebelum makan kami metik buah lengkeng yg tumbuh di halaman depan. Buahnya kok ya manis. Ini sudah sisaan katanya. Seminggu ini terus diserbu orang metik-metik mencicipi manisnya lengkeng petik pohon. Mbak Nita yg minggu lalu nyuting video juga heboh banget cerita panen klengkeng pohon ini.

Di sekitaran Prambanan ini, klengkeng adalah buah yg akrab ditanam warga di halamannya, klengkeng pimpong konon berbuah tebal dan manis. Mungkin kehadiran Telaga Nursery yg terletak dekat Candi Prambanan - menjadi destinasi wisata para pekebun, membuat masyarakat sekitar berbondong menanam ini. Pak Isto pemilik nursery FYI.


Selama makan, minum sedikit saja. Atau gak perlu. Kalau seret ttttt banget. Oleh karenanya kunyah sampai makanan halus, ada rasa manis di mulut saat saliva ikut mencerna. Secara teori pencernaan sebaiknya sudah terjadi bahkan sejak dari mulut. Akan membantu usu bekerja prima. Nah penambahan air akan mengurangi kerja penyerapan nutrisi. Minum air setengah jam sebelum makan dan satu jam sesudah makan, begitu teorinya.


Nih birunya teh biru bening bikin seger lah. Setelah makan, kami masih lanjut ngobrol sambil menikmati seruputan teh biru. Sebuah capaian deh petani telang nyuguhinnya ya teh telang hasil panenannya. Si Mbah gak perlu lagi beli teh dalam kemasan (teh camelia yg biasa gitu). Lumayan khan gak usah ngeluarin budget untuk ngeteh.

Inget waktu jalan2 ke sebuah desa waktu di Thailand. Mereka menyuguhkan teh biru hasil panen kebunnya. Mandiri Menghidupi nggih Mbah.


Peremajaan Telang

X



Friday, January 17, 2020

Telang Gundul Dipatokin Ayam

Kaget karena tanaman baik bunga dan daun telang gundul dipatokin ayam. Setelah googling, ternyata kelompok legum ini memang punya nutrisi tinggi untuk ruminansia (sapi) dan ternak unggas.



https://www.youtube.com/watch?v=YQh80FRygtc


Literatur terkait:

KEMBANG TELANG (Clitoria ternatea) TANAMAN PAKAN DAN PENUTUP TANAH
I WAYAN SUARNA
Fakultas Peternakan Universitas Udayana, Jalan PB. Sudirman Denpasar, Bali. Telp. (0361) 222096
balitnak.litbang.pertanian.go.id › categoryKEMBANG TELANG - Balai Penelitian Ternak


POTENSI KEMBANG TELANG (Clitoria ternatea) SEBAGAI TANAMAN PAKAN TERNAK
Endang Sutedi
Balai Penelitian Ternak, PO Box 221, Bogor 16002
endangsutedi@yahoo.co.id



Wednesday, December 4, 2019

Bunga Telang Martani di Bali

Mengembangkan pasar ke Bali, itu yang kami lakukan di Martani. Bersama beberapa kawan kami mencoba mengenalkan bunga telang pewarna alami makanan di daerah Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Bali.

First attack is just started ... yeayyyyy

Martani Goes to East
Photo ini diambil di Geo Coffeee, sebuah cafe asik nan teduh di kompleks asri Geo Open Space (disingkat GOS). Alamat Geo Coffee di Jalan Pengubengan, Karebokan Kelod, Kuta Utara, Bali. Alamat GOS di Jalan Kedampang 77x, Karebokan Kelod, Kuta Utara, Bali.

Balinya Indonesia
Semua orang ingin pergi ke Bali ...

Bunga telang pewarna alami makanan. Campurkan dengan tepung garut. Jadilah bubur garut biru. Kami juga menggunakan kelor untuk pewarna hijau, kayu secang untuk pewarna ungu, dan bubur garut ori yg tanpa tambahan pewarna menghasilkan bubur bening khas pati umbi garut. Siapa yg biasa makan jenang garut yg sehat untuk perut, bikin adem...

Bubur Garut Biru Bunga Telang
Seduhan andalan adalah teh biru yang dicampur perasan jeruk. Ahhhh panas terik di Kuta seimbang lah dengan nih jeruk ungu bunga telang. Cari yg alami-alami aja deh.

Jeruk Ungu Bunga Telang di Kuta Bali

Teh biru bunga telang kami kenalkan juga ke beberapa kawan yg punya warung. Selalu emejing menyaksikan orang menikmati perubahan warna dari air biru menjadi ungu. Magic tea of bunga telang.

Kenapa bunga telang tidak banyak dikenal orang di Bali? Padahal ini khan potensial sekali dikenalkan kepada para wisatawan lokal dan mancanegara?

Pembelian bunga telang ke Bali sebanrnya cukup tinggi. Pada umumnya mereka mengirimkan bunga telang sebagai produk ekspor. Sudah waktunya konsumen lokal Nuswantara tercinta ini juga menikmati keindahan dan kesegaran si biru bunga telang.

Air Minum Gratis di Semeja

Kombucha bunga telang juga diterima publik Bali. Mereka yg mengenal kombucha sebagai minuman fermentasi alami sudah cukup banyak. Konon di Amerika jenis minuman ini menggeser kedudukan soda yg memang disinyalir kurang baik untuk kesehatan - pengawet, pemanis. Memang dengan tampilan warna ungunya yg menarik, tambah suka lah orang dengan kombucha yg mengandung probiotik (menumbuhkan) dan prebiotik (menambah bakteri baik di usus). Resep dan info tentang kombucha bisa dilihat di link berikut: kombucha-bunga-telang-martani

Teh Biru Bunga Telang Ditetesi Jeruk
Seduh bunga telang (segar atau kering) dengan air panas. 3-5 bunga diseduh segelas air panas. Tunggu beberapa menit anda akan melihat melunturnya warna biru dari petal bunga telang. Tambahkan es batu, gula jika suka. Tambahkan perasan jeruk (jeruk apa saja), teh biru akan berubah menjadi ungu. Siap dihidangkan.

Jeruk Ungu Bunga Telang
Selain ditetesi perasan jeruk, teh biru juga bisa ditambahkan air kombucha. Rasa asam kombucha akan bereaksi menjadikan warna ungu yang cantik. Alami dan sehat untuk kesehatan. 

Kombucha Bunga Telang


























Let's talk something blue of bunga telang

Komunitas sehat mencari pewarna alami makanan untuk konsumsinya. Misalnya nasi biru bunga telang yang dibuat dari seduhan bunga telang yang dicampur dengan beras untuk mengaronnya. Selain untuk konsumsi makanan minuman, bunga telang juga digunakan untuk kosmetik, misalnya masker biru bunga telang. 

Opening Time of 20 December 2019

Angkringan Martani ikut meramaikan pembukaan pasar GOS - Geo Open Space pada tanggal 20 Desember 2019.


Gula Batu Biru Bunga Telang
Gula batu biru bunga telang kami sediakan juga. Cek ketersediaannya di marketplace kami di www.martaniindonesia.com atau olshop www.shopee.co.id/maguantara5678


Teh Biru Bunga Telang


Untuk pemesanan produk bunga telang Martani, hubungi Yusup 0813.1780.5953.



Tuesday, September 3, 2019

Kenapa Teh Birunya Beda?

Ambil 5 kuntum bunga telang, masukkan ke dalam gelas. Seduh air panas. Biarkan dingin. Siap disajikan. Tambahkan gula atau madu jika suka. Tambah es batu juga bisa.


Butuh 5-10 menit agar bunga telang menjadi air biru. Jika ingin mendapatkan teh biru yang lebih biru dan kental, tambahkan jumlah bunga telangnya. 


Teh biru tidak ada rasanya. Beberapa orang bilang ada rasa biru. Wah itu lidahnya terlatih dan sensitif sekali tentunya. 


Karena tidak mengandung rasa, maka air biru telang bisa ditambahkan sebagai campuran makanan atau minuman. Silakan berkreasi menambahkan air biru ke dalam agar-agar misalnya. Atau kolang-kaling. Sehingga didapat agar dan kolang berwarna biru.


Nasi biru bunga telang mulai ngehits di Jogja dan kota lainnya. Masak ngaron beras dengan air biru. Jika ingin membuat nasi uduk, panaskan santan dengan menambahkan bunga telang, sehingga didapat santan biru. Yang siap digunakan untuk ngaron beras. Menjadi nasi biru. 






Untuk pemesanan bunga telang, kontak Yusup 0813.1780.5953.
Kebun bunga telang kami di Tulung, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Jogjakarta. Tidak jauh dari Candi Prambanan.
Silakan datang ke kebun telang dan menikmati wisata petik bunga.
Warung kopi dan teh kami terletak di sekitaran kebun telang. Kopi Oemah Martani (cek di GMaps).


Thursday, June 20, 2019

BUAT Tape Biru Bunga Telang MUDAH





Bahan:
1 kg tape, 150 kuntum bunga telang atau 5 gr bunga telang kering, 3 butir ragi, 1/2 sdt gula, 2 ltr air.

Cara membuat:
Rebus bunga telang menjadi air biru. Bagi dua bach.
Rendam beras ketan yg sudah dicuci dengan air biru selama 1-2 jam
Kukus ketan dengan air biru bekas rendaman selama 20 menit
Panaskan air biru sampai mendidih, siram ke kukusan beras
Kukus yg kedua selama 20 menit
Angkat dinginkan
Tumbuk ragi halus
Taburkan ragi dan gula di atas nasi yg sudah dingin  
Aduk dibalik-balik
Masukkan ke toples kaca
Tutup kain dan simpan di sudut ruangan selama 2 hari
Siap dihidangkan

Tuesday, June 11, 2019

Bunga Telang Pewarna Alami Makanan



https://youtu.be/YRvceq5GHRM
(kalau gak pakai link ini aja, sama sih, jaga-jaga jika link broken ctrl c dan paste di browser anda)

Kesibukan kami di Kopi Oemah Martani Babadan. Menerima tetamu peminum kopi dan teh. Semuanya bisa ngopi begitu tagline ne warung kopi ini. Kopi hasil house blend sendiri dong. Belajar menghargai hasil karya petani lokal. Mau ngeteh biru boleh juga. Sambil ngobrol soal bunga telang dan olahannya.

Si Mbak yg bertugas GoSend mlipir dulu sambil nunggu pesanan disiapkan. Bertanya bagaimana cara menanam bunga telang. Si Mbah sigap menjelaskan. Lihat postingan cara menanam bunga telang di link berikut.

Sop biru bunga telang
Dawet biru bunga telang (lihat di Cookpad Martani Pangan Sehat)
Seperangkat menu pesanan di Kopi Oemah
Terakhir maskeran dengan bunga telang

Enjoy.

Martani Indonesia
Kebun Bunga Telang Martani Prambanan (Google Maps)
https://goo.gl/maps/p2gs8y2Xhxj8Cu1R9

Yusup 0813.1780.5953
Dusun Tulung RT1 RW 1, Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, DIY 55571

IG @martani.organic
Facebook Martani Maguantara https://www.facebook.com/martani.organic
Fanpage https://www.facebook.com/warungmartanitulung/
Cookpad Martani Pangan Sehat https://cookpad.com/id/pengguna/6419722
Shopee https://shopee.co.id/maguantara5678
www.MartaniIndonesia.com


Sunday, May 5, 2019

Bunga Sentro Bukan Bunga Telang

Pertanyaan yang kerap hadir adalah apakah bunga ungu ini adalah bunga telang? Bukan jawabannya.

Bunga Telang (kiri) Bunga Sentro (kanan)

Bentuk Bunga Telang dan Bunga Sentro

Bunga telang nama latinnya Clitoria ternatea. Bunga sentro nama latinnya Centrosema pubescens. Ini adalah dua spesies tanaman yang berbeda. Lihat saja bentuk tampilan bunganya. Beda khan. Warna bunganya juga lain, biru dan ungu muda.

Bunga sentro lebih mudah ditemukan tumbuh liar diantara rerumputan di pinggir jalan. Bahkan sampai di Tambrauw, Sorong, Papua Barat, bunga sentro banyak tumbuh liar.

Centrosema pubescens Benth (Centro, butterfly pea,Sentro)

Video bunga sentro:
https://twitter.com/i/status/1124736215759052800

Bunga Sentro Warna Ungu Muda
 Apa khasiatnya bunga sentro, itu pertanyaan berikutnya. Apakah bisa dimakan. Iya sih yang namanya barang kalau gak ada khasiatnya ngapain dipelihara, khan gitu ya singkatnya. Padahal di dalam ekosistem pelajaran biologi (cung siapa yang mengantuk saat kelas Bio haha), setiap spesies memiliki niche (peran dan tempat hidup) di dalam rantai kehidupan.

Bunga Sentro Ungu Bukan Bunga Telang Biru
Ada yang pernah tanya apakah punya stok bunga telang ungu, seorang kastemer dalam satu pesan di sosmed Martani. Dia membutuhkan untuk obat. Sayangnya tidak disebutkan untuk pengobatan penyakit apa. Kebetulan juga kami tidak memiliki stok bunga sentro. Di galengan sawah, pinggir jalan, di lahan yang tidak ditanami, seringannya sih ada banyak tumbuh merambat. Biasa juga diarit untuk pakan ternak barengan rumput jenis lainnya.

Tampak Depan Bunga Sentro
Saat diseduh air panas, bunga sentro tidak mengeluarkan warna. Berbeda dengan bunga telang yang saat diseduh mengeluarkan warna biru.

Centrosema pubescens si bunga sentro

Pinarak Martani Indonesia (alamat di bawah). Belajar bersama budidaya bunga telang dan olahannya. Langsung praktek nyangkul di kebun yang terletak di bagian belakang warung kami - Warung Martani Tulung.

Martani Indonesia
Kebun Bunga Telang Martani Prambanan (Google Maps)
https://goo.gl/maps/p2gs8y2Xhxj8Cu1R9

Yusup 0813.1780.5953
Dusun Tulung RT1 RW 1, Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, DIY 55571

IG @martani.organic
Facebook Martani Maguantara https://www.facebook.com/martani.organic
Fanpage https://www.facebook.com/warungmartanitulung/
Cookpad Martani Pangan Sehat https://cookpad.com/id/pengguna/6419722
Shopee https://shopee.co.id/maguantara5678
www.MartaniIndonesia.com 


Tuesday, April 23, 2019

Cara Membuat Pestisida Alami

Ada 1001 panduan cara membuat pestisida alami di Youtube dan Google. Boleh pilih mana yg paling pas untuk kebutuhan dan benar menurut anda. Istilah alami karena menggunakan bahan dasar herbal alami. Harapannya petani tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengelola hama tanamannya, tidak tergantung atas barang pabrikan. Juga relatif aman untuk lingkungan karena daya kerjanya pestisida alami tidak mematikan tapi hanya memabukkan, mengusir hama agar pergi menjauh dari tanaman kita. Eksperimen yg dilakukan petani dilakukan dari kebutuhan dan hasil pengamatannya terhadap kebunnya sendiri.

Pada prinsipnya ada dua bahan utama yg bisa digunakan, yaitu sabun dan mpon-mpon, begitu menurut guru tani kami. Belajar dari para petani yg sudah mempraktekkan bagaimana hidup mandiri dengan membuat pupuk dan pesti alami. Pembuatan pesti berbahan dasar sabun tidak kami praktekkan. Lebih memilih mencoba dengan mpon-mpon yg tersedia di pekarangan saja.

Mpon-mpon adalah istilah untuk aneka rempah dan bumbu dapur. Biasa juga dibuat jamu. Isitilah ini akrab didengar di masyarakat perdesaan di Jawa. Salah-satunya adalah rumput babandotan (Ageratum conyzoides). Istilah dalam Basa Inggris adalah Billygoat-weed, Goatweed, Chick weed, atau Whiteweed. Memang aslinya dari daerah tropis di Brasil tapi kemudian sudah meNusantara tumbuh liar di rerumputan. Konon Belanda sebelum tahun 1860 yg membawa babandotan masuk. Wedusan dalam Basa Jawa karena memang bauknya mirip wedus (bandot, kambing). Dus-bedusan dalam Basa Madura.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan daun babadotan ini adalah sakit telinga bagian tengah akibat radang; luka yang menimbulkan darah, bisul, dan eksim; menyembuhkan borok; rematik atau asam urat; pendarahan pada rahim; tumor rahim; sakit tenggorokan; malaria dan influenza; serta merawat rambut.

Berapa komposisinya, nah itu yg perlu kita tanyakan kepada para laboran dan bagian farmasi. Saat ini penggunaan herbal dilakukan herbalist sebagai obat alternatif setelah obat kimia. Atau masyarakat di perdesaan yg masih mempraktekkan.

Fungsi insektisida dan nematisida hasil olahan babandotan.

Fermentasi Rumput Babandotan 
Masukkan babandotan dan aneka mpon-mpon ke dalam ember. Masukkan gula pasir sebanyak 1/4 kg. Tambahkan air. Masukkan kombucha dan SCOBY-nya sebagai starter terjadinya fermentasi. Tutup ember dan simpan di ruangan gelap, di bawah meja misalnya. Setiap dua hari diaduk. Tunggu 5-7 hari sampai fermentasi terjadi sempurna.

Menyaring Hasil Fermentasi Pestisida Alami
Hasil fermentasi disaring agar memudahkan penyemprotan.

Kombucha untuk Starter Fermentasi Pestisida Alami
Bauk wangi seperti cuka akan tercium saat hasil fermentasi berhasil.

Saturday, March 2, 2019

Create New Market of Lemonade Bunga Telang Martani di Rooftop Lippo Plaza Jogjakarta

Bersinergi dengan teman artisan yg mengolah bunga telang menjadi minuman kekinian.

Lemonade Ungu Bunga Telang
Bagaimana memasarkan bunga telang panenan si Mbah, itu pertanyaan yg banyak kami terima di Martani. Find the right production partner kata sebuah teori pemasaran. Nggih saestu ketemu temans yg asik tuh bisa saling mengasikan dunia.

Jelas gak bisa kerja sendiri. Setelah bergulat dengan soal produksi bunga telang, kudu ada yg mengolah nih bunga agar bisa diterima end user public yg selalu mencari kepraktisan dan tantangan harga yg murah diterima pasar.

Cerita serunya nemenin si Mbah agar menanam bunga telang dengan pupuk buatan sendiri dan tidak menyemprot pestisida tidak serta merta membuat publik tertarik dengan teh biru bunga telang (background). Hampir setahun sebelum produksi bunga telang kering siap seduh ajeg sehingga mulai bisa dipasarkan (experience). Di atas semuanya semangat mengajak ibu-ibu dan para artisan pembuat makanan minuman, bahwa kita punya pewarna alami bunga telang yg keceh dan sehat (passion). Kandungan antioxidant tinggi yg menyehatkan tubuh pantas lah untuk dibagi ke banyak orang.

Teh Biru Bunga Telang di Rooftop Lippo Plaza Jogja
Di Rooftop Lippo Plaza yg buka setiap sore pukul 3 sampai malam larut, ratusan anak milenial biasa nongkrong menikmati sorenya. Menyasar target pasar inilah kawan Lemonade mengolah bunga telang menjadi minuman yg kekinian. Dengan kemasan praktis, memudahkan pembeli menyeruput kesegaran teh biru di Jogjakarta.

Enjoy Blue Tea of Bunga Telang di Jogja
Kontak Yusup 0813.1780.5953 untuk mendapatkan bunga telang. Follow IG @martani.organic. Pinarak kebun bunga telang Martani Prambanan. Google maps kami di Martani Karangmojo. Olshop Shopee di Maguantara5678. Marketplace di www.MartaniIndonesia.com

Friday, November 9, 2018

Kebun Bunga Telang Martani Karangmojo

Ini adalah kebun bunga telang yg mulai ditanami bulan Maret lalu. Sudah 8 bulan lah sampai November ini. Menjadi kebun percobaan permakultur dengan pola tanam telang diselingi sayuran dan buah lain.

Video youtube kebun bunga telang Martani Prambanan.
https://www.youtube.com/watch?v=H1W8L3uu18E


Kebun bunga mengundang aneka serangga. yang bagus untuk terjadinya penyerbukan tanaman buah-buahan. Mau dong buah mangga, jambu, sirsak diserbuki serangga sehingga menghasilkan panenan yg ranum segar.

Telang Tumpuk
Bunga telang tumpuk punya rimbun yg berbeda dengan telang single. Jumlah daunnya lebih jarang, batang lebih menjalar.

Sereh Wangi diantara Telang
Kami menanam sereh wangi diantara bunga telang. Sereh wangi berbeda dengan sereh biasa yg masak. Daun sereh wangi adalah bagian yang dipanen. Dikeringkan dengan matahari atau oven. Kemudian menjadi bahan campuran tisane herbal wedang yang mantap.

Telang Single
Ada pohon telang yang kami biarkan bunganya tidak dipanen agar menjadi buah. Kami mendistribusikan biji bunga telang kepada masyarakat.

Bunga Telang Pewarna Alami Makanan
Bunga telang tumpuk memiliki 5 petal bunga sedangkan telang single hanya memiliki satu lembar saja.


Mbah Budi Menjelaskan Kebun Bunga Telang
Kebun menjadi lokasi belajar untuk masyarakat sekitar dan konsumen Martani yang ingin tahu bagaimana membudidayakan bunga telang.
Oge Membuat Kompos Kohe Kelinci dan Serasah Daun dan Rumput
Oge membuat pupuk sendiri untuk kebun bunga telang dari bahan yang ada. Kohe (kotoran hewan) kelinci peliharaannya dicampur dengan tanah, daun bambu, rumput alang-alang, serasah daun kering, sisa sayuran. Potong kecil, aduk, disusun berlayer. Siraman fermentasi kombucha sebagai starter kami gunakan. Masukkan ke dalam ember, tutup plastik. Satu minggu kemudian, pupuk siap digunakan.

Video youtube pembuatan pupuk kompos campuran sampah dapur, rumput ilalang, dan kencing kelinci.
https://www.youtube.com/watch?v=9PKzH0q5cgs



Info tentang kombucha fermentasi bisa dilihat di artikel sebelumnya.

Silakan datang ke kebun bunga telang Martani Karangmojo saat anda ke Jogja. Lokasi kebun kami hanya 500 meter dari pintu barat Candi Prambanan. Pinarak.

Kontak Ve 0856.9222.6002
Follow IG @martani.organic

Thursday, November 8, 2018

Wedang Bunga Telang Martani

Martani kembali mengeluarkan produk baru. Mencoba membuat diversifikasi produk bunga telang. Kalau selama ini, kami mendistribusikan hanya bunga telang kering siap seduh, maka kami mencoba menawarkan racikan bunga telang yang dipadu-padankan dengan rempah Nuswantara.

Telang - Kayu Manis
Racikan bunga telang yang dicampur dengan potongan kayu manis memberikan sensasi segar dan aroma menenangkan di badan dan jiwa. Silakan seruput tipis-tipis teh biru bunga telang aroma kayu manis.

Telang - Rosela
Kombinas telang dan rosela akan mengeluarkan warna biru dan rasa asam khas rosela. Kandungan vitamin C tinggi dari rosela dan antioksidan kandungannya bunga telang, cocok diseruput saat badan lelah di sore hari setelah beraktifitas.

Telang - Kayumanis
Kemasan telang - kayumanis dalam plastik klip kecil. Satu kemasan terdiri dari 5 plastik klip. Jika anda membutuhkan telang - kayumanis dalam jumlah besar, silakan komunikasikan dengan Ve (kontak di bawah).

Didihkan atau Seduh Air Panas
Ambil satu plastik klip Wedang Martani. Masukkan ke dalam panci. Tambahkan dua gelas air. Didihkan. Siap dihidangkan.

Bisa juga satu kemasan diseduh air panas. Biarkan beberapa saat agar bunga telang dan rempah melarut sebelum anda nikmati kehangatannya.

Telang - Sereh Wangi

Telang - Sereh Wangi

Telang - Sereh Wangi
Sereh wangi atau lemon grass berbeda dengan sereh masak. Wangi daun sereh wangi lebih menyengat terutama saat digodok.

Wedang Martani

Wedang Martani
Wedang Martani berwarna ungu saat diseduh. Kaya antioksidan penangkal radikal bebas.

Wedang Martani = telang, sereh wangi, rosela, kapulaga
Coba seduh Wedang Martani. Racikan aroma khas Nuswantara merebak menggoda menjanjikan kenikmatan rempah sehat. Telang, sereh wangi, rosela dan kapulaga adalah campurannya.

Telang - Rosela

Telang - Rosela

Telang - Kayumanis

Kontak Ve 0856.9222.6002
Follow IG @martani.organic

Featured Post

Masa #DiRumahSaja Tetap Nikmati Teh Biru Bunga Telang

Selamat sehat semuanya. Mengikuti anjuran pemerintah untuk WHF di rumah saja, maka kegiatan ngewarung pun kami hentikan. Tetamu kami mintaka...