Wednesday, October 17, 2018

Cara Pembuatan Teh Biru Bunga Telang Deep Purple

Menghidangkan minuman sehat untuk keluarga adalah idaman semua kita. Gak pengen dong ngasih minuman yang isinya pewarna, pemanis buatan melulu. Nih kami tuliskan cara pembuatan teh biru, jeruk ungu dan deep purple. Dari satu bach bunga telang aja sudah bisa menyajikan tiga jenis minuman berbeda. Monggo dipraktekkan Kak.

Gambar. Deep Purple Bunga Telang, Jeruk dan Rosela.
Bunga telang bisa dihidangkan aneka rupa. Diseduh air panas, diminum hangat enak. Tambah es juga boleh. Tambah gula bagi yang suka manis. Tambah madu juga ok. Tambah perasan jeruk dan seduhan rosela untuk menambah rasa dan menikmati wedang tisane warna merah, ungu, magenta. Wah warna apalah tuh deep purple... cakep deh ....

Siapkan semua bahan. Dalam gambar 1 sudah tersaji satu gelas teh biru pekat, satu gelas perasan jeruk nipis yang sudah dieencerkan, seduhan rosela.

Teh Biru
Ambil sejumput, sekitar 20 bunga telang kering siap seduh. Tambahkan air panas ke dalam gelas. Tambahkan 2 sdt gula, selera ya seberapa manis yang diinginkan. Beberapa orang memilih tidak menambahkan gula sama sekali, beberapa mengganti dengan madu atau gula batu.

Untuk kebutuhan sajian deep purple ini, ada baiknya gula dilarutkan barengan bunga telangnya, menjadi sirup biru bunga telang. Cairan biru bunga telang yg bergula menjadi pemberat, bertahan di dasar gelas, layer atau lapisan biru akan terbentuk dengan mudah.

Perasan Jeruk
Ambil satu buah jeruk nipis, cuci bersih, tekan-tekan sampai jeruk menjadi empuk. Ini memastikan air perasan lebih banyak. Potong melintang juga agar air perasan jeruk banyak keluar. Tambahkan air putih tawar karena satu buah saja sudah asam banget lho.

Seduhan Rosela
Ambil 5 kuntum rosela. Seduh air panas 1/4 gelas. Biarkan dingin sebelum dicampurkan.

Gambar 1. Siapkan Teh Biru, Perasan Jeruk dan Seduhan Rosela
Siapkan es batu ke dalam wadah yg memudahkan pengambilan. Bisa es batu yg bentuk pipa, bisa juga es batu yg hasil pukulan, bentuknya tidak beraturan. Menurut pengamatan kami, es batu yg bentuknya teratur seperti pipa begini, lebih cepat lumer. Juga membuat lapisan tidak mudah terbentuk.

Silakan coba-coba sendiri ya Kak. Namanya juga eksperimen khan asik-asik seru kalau kita manuver sesuai selera dan kebutuhan.

Gambar 2. Tuang Sirup Biru Bunga Telang ke dalam Gelas Saji
Tuang sirup biru bunga telang ke dalam gelas saji. Pastikan sirup tidak dalam kondisi panas ya.
Gambar 3. Tuang Sirup Biru ke Gelas Saji Setinggi 2 cm
Kami menggunakan gelas kecil untuk sajian. Pakai gelas tinggi boleh juga. Tuang setinggi 2 cm saja atau sesuaikan dengan ukuran tinggi gelas. Tipis-tipis saja Kak ....

Gambar 4. Masukkan Es Batu ke dalam Sirup Biru Bunga Telang
Satu persatu masukkan es batu ke dalam sirup biru bunga telang. Penuhi gelas dengan es batu. Saat gelas penuh dengan es batu, akan memberi atraksi menarik saat jeruk dituang.

Gambar 5. Tambah Es Batu Penuhi Gelas Saji
Jika ingin menambahkan air putih tawar ke dalam gelas, lakukan setelah gelas dipenuhi dengan es batu. Campuran antara air dan tetesan es akan memberi gradasi warna biru muda. Masukkan air dengan perlahan agar layer biru terbentuk cantik.
Gambar 6. Sirup Biru Bunga Telang Es Batu Siap Ditambah Perasan Jeruk
Di demo ini, kami tidak menambahkan air putih karena ukuran gelasnya kecil. Seperempat gelas sudah dipenuhi teh biru bunga telang, kemudian es batu. Tahapan berikutnya adalah penambahan perasan jeruk. Bersiap menikmati perubahan warna si magic tea bunga telang.

Gambar. Tuangkan Perasan Jeruk ke Teh Biru Bunga Telang
Tuang perlahan perasan jeruk ke dalam gelas teh biru bunga telang. Jika ingin melihat lapisan yg jelas antara biru dan ungu, pastikan sirup biru bunga telang kental. Masukkan air jeruk perlahan, pergunakan sendok, sehingga penambahan air jeruk tidak mengganggu sirup birunya. Perubahan warna ungu terjadi ketika air jeruk bertemu air biru telang. Adanya es batu juga melindungi pertumburan langsung.

Gambar. Penambahan Jeruk Mengubah Teh Biru Menjadi Ungu Deep Purple
Jeruk ungu siap dihidangkan. Cantik kan. Tidak kalah dengan minuman ala cafe.

Gambar. Jeruk Ungu Siap Dihidangkan
Tambahkan seduhan rosela di bagian atas jeruk ungu. Pergunakan sendok agar lapisan tipis rosela merah terbentuk.

Youtube pembuatan teh biru bunga telang bisa dilihat di link berikut:


Link:


Kontak Kak Ve 0856.9222.6002
Follow IG @martani.organic



No comments:

Featured Post

Masa #DiRumahSaja Tetap Nikmati Teh Biru Bunga Telang

Selamat sehat semuanya. Mengikuti anjuran pemerintah untuk WHF di rumah saja, maka kegiatan ngewarung pun kami hentikan. Tetamu kami mintaka...