Wednesday, October 17, 2018

Deep Purple Telang Jeruk Rosella

Teh biru bunga telang boleh
Jeruk ungu bunga telang asik juga
Tambah rosela jadilah deep purple jossss...
Buat sendiri minuman mu
Bahannya bunga telang tentunya. Perasan jeruk nipis, jeruk garut, jeruk medan, jeruk apa aja lah. Mimin sih suka jeruk lokal karena jeruk impor larang (mahal).
Deep Purple Telang Jeruk Rosela

Teh Biru Bunga Telang

Versi panas teh biru bunga telang ...
Seduh 5 bunga telang dengan segelas air panas. Taraaaaa.... siap dihidangkan. Pelanggan akan menikmati bagaimana warna biru meluntur dari si biru bunga telang. It's a magic tea!
Dingin atau panas josss ....
Menikmati teh biru tanpa atau dengan gula boleh .... 
Gulanya jangan banyak2 ya Kak. Hehe kontrol asupan gula harian katanya. Biar dagu gak mendua dan perut tidak berlipat, dan hindari penyakit generatif seperti diabetes gitu sih.
Gambar 1. Tuang Sirup Biru Bunga Telang 
Apa tuh sirup biru ...
Ambil 5 gram (sejumput) bunga telang kering. Masukkan ke dalam panci. Tambahkan 500 ml (dua gelas). Didihkan. Tambahkan 1/4 gr gula putih (25 sendok).

Gambar 2. Masukkan Es Batu
Es batu bentuk pipa hole banyak dijual sekarang. Praktis lah jaman now. Satu plastik ukuran 30 cm harganya 2 ribu di Prambanan. Boleh juga menggunakan es batu yg balokan dan dihancurkan. Bebas lah.
Gambar 3. Tambahkan Air Putih
Tambahkan air putih untuk pengencerean sampai batas yang diinginkan.

Gambar 4. Teh Biru Bunga Telang Siap Dihidangkan
Nah teh biru bunga telang siap dihidangkan. Menu baru di warung dan cefe anda, monggo dicoba. Bikin pelanggan klepek-klepek dengan kesegarannya. Ini versi es biru bunga telang.



Youtube pembuatan Deep Purple Telang Martani bisa dilihat di link berikut 

Es Jeruk Ungu Bunga Telang

Lanjut nih dari es teh biru di atas.
Tambahkan perasan jeruk yang sudah diencerkan dengan penambahan air putih. Bisa juga perasan jeruk murni. Sesuai selera keasaman yang diinginkan.

Gambar 5. Jeruk Ungu Bunga Telang
Perasan jeruk yang ditambakan ke sirup biru berubah menjadi ungu. Es batu menjadi penghalang bercampurnya air biru dan air jeruk, dengan sedikit pengadukan warna ungu akan terbentuk. Sirup biru akan bertahan di bagian bawah karena berat jenis gula lebih berat.

Nah sampai di sini, jeruk ungu bunga telang sudah siap dihidangkan. Sudah dua tuh menu baru rasa asam segar untuk warung dan cafe Agan. Masih mau tambah menu baru, nih si deep purple yak...

Deep Purple Telang Jeruk Rosela

Rosela atau hibiscus dikenal sebagai tanaman introdusir dari Afrika. Tahun 2000an bunga rosela booming dan banyak orang menanam tanaman yang dikenal tahan terhadap kekeringan ini. Banyak mengandung vitamin C dan punya rasa asam. Cocok dipadukan dengan si biru bunga telang.
Gambar 6. Tambahkan Seduhan Rosela Merah ke Jeruk Ungu
Tambahkan seduhan rosela ke dalam jeruk ungu bunga telang. Nikmati pemandangan cantik saat sang rosela merah turun melewati tumpukan es batu dan bergabung dengan jeruk ungu.

Gambar 7. Tambahkan Perasan Jeruk



Gambar 8. Perasan Jeruk dan Bunga Telang
Gambar 9. Perasan Jeruk dan Bunga Telang
Tambahkan lagi perasan jeruk di bagian atas.

Gambar 10. Tambahkan Rosela Tipis-tipis
Penambahan rosela di toping menambah lapisan cantik merah.

Deep Purple Telang Jeruk Rosela

Kontak Kak Ve 0856.9222.6002
Follow IG @martani.organic


Deep Purple Telang Jeruk Rosela



No comments:

Featured Post

Masa #DiRumahSaja Tetap Nikmati Teh Biru Bunga Telang

Selamat sehat semuanya. Mengikuti anjuran pemerintah untuk WHF di rumah saja, maka kegiatan ngewarung pun kami hentikan. Tetamu kami mintaka...