Tuesday, April 23, 2019

Cara Membuat Pestisida Alami

Ada 1001 panduan cara membuat pestisida alami di Youtube dan Google. Boleh pilih mana yg paling pas untuk kebutuhan dan benar menurut anda. Istilah alami karena menggunakan bahan dasar herbal alami. Harapannya petani tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengelola hama tanamannya, tidak tergantung atas barang pabrikan. Juga relatif aman untuk lingkungan karena daya kerjanya pestisida alami tidak mematikan tapi hanya memabukkan, mengusir hama agar pergi menjauh dari tanaman kita. Eksperimen yg dilakukan petani dilakukan dari kebutuhan dan hasil pengamatannya terhadap kebunnya sendiri.

Pada prinsipnya ada dua bahan utama yg bisa digunakan, yaitu sabun dan mpon-mpon, begitu menurut guru tani kami. Belajar dari para petani yg sudah mempraktekkan bagaimana hidup mandiri dengan membuat pupuk dan pesti alami. Pembuatan pesti berbahan dasar sabun tidak kami praktekkan. Lebih memilih mencoba dengan mpon-mpon yg tersedia di pekarangan saja.

Mpon-mpon adalah istilah untuk aneka rempah dan bumbu dapur. Biasa juga dibuat jamu. Isitilah ini akrab didengar di masyarakat perdesaan di Jawa. Salah-satunya adalah rumput babandotan (Ageratum conyzoides). Istilah dalam Basa Inggris adalah Billygoat-weed, Goatweed, Chick weed, atau Whiteweed. Memang aslinya dari daerah tropis di Brasil tapi kemudian sudah meNusantara tumbuh liar di rerumputan. Konon Belanda sebelum tahun 1860 yg membawa babandotan masuk. Wedusan dalam Basa Jawa karena memang bauknya mirip wedus (bandot, kambing). Dus-bedusan dalam Basa Madura.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan menggunakan daun babadotan ini adalah sakit telinga bagian tengah akibat radang; luka yang menimbulkan darah, bisul, dan eksim; menyembuhkan borok; rematik atau asam urat; pendarahan pada rahim; tumor rahim; sakit tenggorokan; malaria dan influenza; serta merawat rambut.

Berapa komposisinya, nah itu yg perlu kita tanyakan kepada para laboran dan bagian farmasi. Saat ini penggunaan herbal dilakukan herbalist sebagai obat alternatif setelah obat kimia. Atau masyarakat di perdesaan yg masih mempraktekkan.

Fungsi insektisida dan nematisida hasil olahan babandotan.

Fermentasi Rumput Babandotan 
Masukkan babandotan dan aneka mpon-mpon ke dalam ember. Masukkan gula pasir sebanyak 1/4 kg. Tambahkan air. Masukkan kombucha dan SCOBY-nya sebagai starter terjadinya fermentasi. Tutup ember dan simpan di ruangan gelap, di bawah meja misalnya. Setiap dua hari diaduk. Tunggu 5-7 hari sampai fermentasi terjadi sempurna.

Menyaring Hasil Fermentasi Pestisida Alami
Hasil fermentasi disaring agar memudahkan penyemprotan.

Kombucha untuk Starter Fermentasi Pestisida Alami
Bauk wangi seperti cuka akan tercium saat hasil fermentasi berhasil.

1 comment:

michelle said...


Izin promo ya Admin^^
bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~

Featured Post

Masa #DiRumahSaja Tetap Nikmati Teh Biru Bunga Telang

Selamat sehat semuanya. Mengikuti anjuran pemerintah untuk WHF di rumah saja, maka kegiatan ngewarung pun kami hentikan. Tetamu kami mintaka...